Ini Dia Perusahaan Jasa Rental Mobil Pertama Di Dunia

Jika saat ini Anda membutuhkan mobil rental untuk digunakan dalam perjalanan wisata atau perjalanan bisnis di luar kota atau di luar negeri, maka dengan mudah Anda bisa memperolehnya. Bahkan, pilihan mobil yang tersedia pun dipastikan akan sangat beragam dan dapat disesuaikan pula dengan beragam faktor, seperti faktor kapasitas muatan, jenis mesin hingga model yang sesuai dengan selera Anda.

Hampir di setiap kota yang ada di Indonesia atau setiap kota di luar negeri saat ini dapat dipastikan telah tersedia penyedia penyedia layanan jasa transportasi ini, baik rental mobil perorangan maupun jasa rental yang berdiri secara resmi dalam bentuk sebuah perusahaan.

Namun, tahukah Anda kapan pertama kali jasa rental mobil ini tersedia di tengah-tengah masyarakat? Dan siapa orang yang pertama kali mempunyai ide untuk menyewakan mobilnya tersebut?

Berdasarkan catatan yang diperoleh dari laman Wikipedia, kegiatan pertama kali yang dapat dikatakan sebagai aktifitas rental mobil terjadi sekitar tahun 1904. Adapun untuk jasa rental yang secara resmi membuka peluang bisnis ini adalah sebuah perusahaan yang berasal dari negeri Jerman yang bernama Sixt SE.   

Didirikan petama kali pada tahun 1912 oleh Martin Sixt, jasa rental ini mengawali bisnisnya hanya dengan modal 3 unit mobil saja. Lalu pada tahun 1951 Sixt SE resmi berganti menjadi Auto Sixt dan terus berkembang mengikuti pergantian zaman.

Pada era 90an perusahaan ini bahkan menjadi perusahaan rental mobil terbesar di seantero Jerman dan disaat yang sama mulai melebarkan sayapnya ke beberapa negara Eropa seperti Switzerland, Francis dan Inggris Raya. Bahkan pada 1998 beberapa negara lain di luar Eropa seperti Tunisia, Morocco, New Zealand pun disambanginya. Dan untuk melayani konsumen di Amerika Serikat Sixt memulainya pada tahun 2011.   

Dan untuk penyedia jasa rental lain yang muncul setelah Auto Sixt di Jerman diketahui berasal dari Omaha, Nebraska oleh Joe Saunders pada tahun 1916. Ia memulai usahanya dengan menyewakan sebuah mobil Ford Model T. namun pada 1917 ia sudah memilki 18 unit Model Ts yang disewakan dengan harga 10 cents per mile-nya.

Semenjak itu perusahaan-perusahaan lain yang menyediakan jasa rental mobil terus berkembang hingga saat ini beriringan dengan perkembangan dunia otomotif secara umum.